Sidna

.

Welcome To My Blog ----- Thank You ----- Welcome To My Blog

Minggu, 23 November 2014

Pengalamanmengikutilombakompetensisiswa (LKS) JAWA TIMUR “LOMBA KOMPETENSI SISWA”

Pengalamanmengikutilombakompetensisiswa (LKS) JAWA TIMUR
LOMBA KOMPETENSI SISWA
Teman-teman ijinkan saya untuk sedikit sharing tentangLombaKompetensiSiswa :
Kita tahu bahwa kegiatan LKS adalah salah satu ajang adu kemampuan dan keterampilan antar siswa SMK di Indonesia. LKS kurang lebih sama atau se-level dengan olimpiade yang digelar untuk peserta didik di SMA (SekolahMenengahAtas) yaitu OSN(OlimpiadeSainsNasional). Lomba dengan berbagai cabang keterampilan ini juga akan berlanjut dari Kabupaten ketingkatProvinsi, Nasional bahkan ketingkat Regional ASEAN dan Internasional.
LKS memang diadakan setiap tahunnya. Di tingkat Nasional kegiatan ini (seperti juga di tingkat kabupaten dan provinsi) merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetensi masing-masing dana kan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat yang lebih tinggi itu. Mereka akan beradu keterampilan lagi di tingkat ASEAN dan Dunia.
Kota Bojonegoro menjadi tuan rumah pada Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Jawa Timur ke XXIII tahun 2014. SMK PGRI 1 NGAWI mengirim 9 bidang lomba yaitu :
  1. IT Networking Support
  2. Industri Control
  3.  Autocad Building
  4. Kimia
  5. Debat Bahasa Inggris
  6. Futsal
Saya mengikuti bidang lomba IT Networking support. Dimana salah satu bidang yang banyak peminatnya atau istilah lain banyak sekolah SMK baik Swasta maupun Negeri yang memiliki Bidang Kompetensi TKJ ikut berpartisipasi dalam lomba ini.Yang jelas setiap sekolah menunjuk seorang yang benar-benar berkompeten dalam bidangnya. Mereka juga sama sama menginginkan menjadi seorang pemenang dan membanggakan sekolahnya. Dalam lomba tentu ada yang menang ada juga yang kalah. Tapi mereka(peserta LKS bidang IT Networking Support)  akan terus berusaha melakukan yang terbaik.
Pada LKS ke XXIII tahun 2014 yang diselenggarakan di Bojonegoro merupakan pengalaman pertama kali dan menjadi pengalaman yang amat sangat berharga karena hanya ada satu kali kesempatan. Maka dari itu saya harus melakukan yang terbaik. Lomba tersebut diadakan pada tanggal 27 Oktober – 30 Oktober 2014. Semua bidang lomba di adakan  di SMKN 1 Bojonegoro,SMKN 2 Bojonegoro,SMKN 3 Bojonegoro, SMK N 4 Bojonegoro dan SMA 3 Bojonegoro. Semua sudah diatur oleh panitia. Mengenai pembagian tempat bidang lomba IT Networking  Support  yang saya ikuti berada di SMKN 1 Bojonegoro. Salah satu sekolah yang popular di Bojonegoro. Memang sarana dan prasarana cukup memadai dan juga lengkap. Namanya juga negeri :D.
Pada hari pertama saya mengikuti lomba yaitu pada tanggal 28 Oktober 2014 adalah hari pertama saya memulai perjuangan dan pada hari itu saya mengerjakan soal dan praktek sesuai kisi-kisi yang diberikan oleh panitia yang di beri waktu selama 6 jam, yaitu mulai pukul 08.00 – 14.00. dan alhamdulillah selama lomba berlangsung tidak ada halangan  dan hambatan. Hanya saja lomba LKS Jawa Timur sedang musim kemarau dan Kota bojonegoro adalah kota penghasil minyak maka semua peserta lomba banyak mengeluh dengan kondisi ruangan yang sangat panas meskipun ruangan lomba sudah dilengkapi AC.  (namanya juga kota minyak, dari atas panas, dari bawah tanah juga panas. L)
Pada hari kedua tanggal 29 Oktober 2014  perjuangan saya pun dilanjutkan dan masih dengan suasana yang sangat panas saya menyelesaikan soal dan menganalisis troubleshoot yang terjadi pada PC Server dan Router   sehingga client mendapatkan layanan yang maksimal.Memang tahun ini belum bisa menjadi seorag pemenang ataupun juara 1. Intinya saya sudah berusaha dengan keras dan sungguh-sungguh.
Ada banyak pengalaman yang saya dapatkan di LKS Jawa Timur ke XXIII di kota Bojonegoro kemarin. Yaitu saya mendapatkan banyak ilmu .  pepatah mengatakan lebih baik mempunyai sejengkal ilmu dari pada mempunyai segunung emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar